Kamis, 29 Agustus 2019

Manfaat Desain Grafis

1. Desain grafis memberi kemudahan dalam penyampaian pesan.

Desain erat kaitannya dengan komunikasi, Desain grafis memudahkan dalam bertukar informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik dan lebih nyaman secara visual.



Jika kita melihat gambar salib, apa yang ada di benak kita? Agama Kristen, yesus.
Jika kita melihat gambar sorban, apa yang ada di benak kita? Kiai, habib, timur tengah.
Disitu desain dapat mempengaruhi persepsi kita. Untuk memperkuat persepsi, biasanya di tambah dengan judul atau caption.
Desain dengan Ilustrasi memberikan persepsi, pesan yang langsung dapat ditangkap.

2. Desain grafis meningkatkan nilai, kelas, poin. 

Contoh, kenapa saat ini penjual makanan dan minuman rela menghabiskan biaya lebih untuk mendesain kemasan menggunakan bahan yang lebih menarik, alih-alih menggunakan kertas minyak yang murah, outlet makanan dan minuman kekinian menggunakan media foam dengan printing desain yang berwarna dan menarik.

Kenapa restoran dengan desain dengan baik, suasana ruangan di buat nyaman, buku menu dibuat menarik, menampilkan foto makanan yang menggugah selera.

Saya pernah hendak membeli pigora untuk lukisan saya, pada saat itu saya berfikir, pigora apa saja yang penting jadi, ternyata ada fakta yang menarik, sebagus apapun lukisan, tidak akan terlihat mahal tanpa didukung dengan pigora yang bagus.

3. Desain grafis memberi kesan kompeten, ulung, berpengalaman.

Desain memberikan kesan professional dan menunjukkan kita bekerja dengan bersungguh-sungguh. Kesan pertama menentukan bagaimana persepsi orang akan kita. Setelah orang tertarik dia akan berusaha mencari tahu lebih jauh.

Contoh, apa yang ada di benak kalian ketika ada mahasiswa mempresentasikan suatu materi menggunakan slide yang polos putih, tidak ada warna, tidak ada infografis dan gambar ilustrasi. Bandingkan dengan materi yang menggunakan slide infografik, dengan tata letak baik, dan mudah terbaca.

4. Desain grafis menarik perhatian / meningkatkan kesempatan.

Contoh, anggap kalian akan menerbitkan sebuah buku karangan kalian sendiri, Ada dua buku dengan tema yang sama, judul yang sama dan isi yang sama, tapi desain berbeda, yang satu menggunakan kertas hvs tipis 70 gram, satunya lagi menggunakan kertas artpaper yang lebih tebal 210 gram, dilapisi dengan plastik dan di desain dengan gambar dan warna yang baik dengan komposisi yang membuat mata mudah melihat.

Mana yang akan kalian pilih?

5. Desain grafis meningkatkan kepercayaan

Contoh, kalian ingin mengundang rektor untuk datang di acara yang kalian adakan, alih-alih menggunakan undangan resmi dengan desain kop surat, stempel dan amplop, kalian malah menggunakan tulisan tangan.

Masih ingat kasus youtuber rius fernandes dan maskapai penerbangan garuda?
Maskapai garuda sampai menuntut rius karena menyebarkan buku menu yang di tulis dengan tangan. Walaupun akhirnya kasus ini dihentikan dan tidak dilanjutkan ke jalur hukum.
Kenapa garuda sampai seolah kebakaran jenggot dan merasa sangat dirugikan hanya karena menu makanan yang di tulis tangan?
Karena mereka menyadari betapa pentingnya kepercayaan masyarakat dalam usaha mereka, yang diwakili oleh menu makanan.

Mana yang lebih penting, Isi pesan atau desain?

Menjawab pertanyaan, saya akan memberikan sebuah analogi, ada dua iphone x, yang satu dengan chasing yang sudah baret dan kaca yang retak, dan yang satunya lagi dengan kondisi yang masih bagus dan mulus, keduanya masih berfungsi dengan baik. Kalau di jual lagi dengan harga yang sama, mana yang kira-kira laku duluan?

Contoh lain, kalian tahu kayungyun, rumah makan legendaris mahasiswa di malang, bandingkan dengan warung upnormal. Sama-sama menjual indomie, mie nya sama, tapi yang satu di desain konsep yang matang dan lebih kekinian, hasilnya, bisa dilihat harga indomie di warung upnormal lebih mahal 3 kali daripada di kayungyun.