Kamis, 29 Agustus 2019

Revolusi Industri 1 sampai 4

Saat ini kita memasuki revolusi industry 4.0. memasuki era cyber physical system.

lalu, apa itu revolusi industri?

Revolusi industri 1 terjadi pada abad ke 18, ditandai dengan mekanisasi, atau dalam kamus besar Bahasa Indonesia berarti perubahan penggunaan tenaga manusia dan hewan digantikan dengan manufaktur atau mesin.

Contoh, penemuan mesin uap oleh james watt. Nantinya digunakan Sebagai penggerak kereta api dan kapal.
Penemuan mesin cap, mempercepat pengerjaan dua kali lipat dibanding dengan menggunakan tenaga manusia yang melukis secara manual.

Revolusi industri 2 terjadi pada tahun 1900an, ditandai dengan proses energi yang mendorong mesin dapat berjalan dengan semestinya, yang mempengaruhi adalah penemuan listrik, gas.

tenaga manusia semakin berkurang, posisi manusia beralih sebagai operator.

Revolusi industry 3 terjadi setelah perang dunia ke 2, tahun 1940an, disebut dengan revolusi teknologi. Penemuan komputer, telepon genggam.

Revolusi industry 4, era cyber physical system ditandai dengan munculnya internet, semua terhubung. Mengontrol perusahaan dengan jaringan internet, listrik, keuangan, dsb.

Revolusi industri 4 semua bergerak cepat, dulu mau memberi kabar lewat kantor pos, sekarang ada email, wa, messenger, line. Dulu mau jualan harus punya toko, sekarang, punya smartphone.