Skip to main content

REFLECTION NIGHTS

MALAM-MALAM PERENUNGAN

Di malam-malam ku menghabiskan waktu untuk menulis, menulis apa saja. Keabadian adalah jika kita dikenang walau kita telah tiada, keabadian adalah ingatan yang tak pernah hilang, membekas bagai ukiran di atas batu. Aku hanya ingin sedikit lebih dari apa yang diinginkan semua laki2, aku hanya ingin keabadian. Seperti alexander agung, si penakluk yang berasal dari makedonia, dan telah menaklukkan hampir seluruh benua Eropa, Afrika, dan Asia. Usianya hanya sampai 33 tahun, akan tetapi dalam waktu yang singkat itu dia mampu melakukan kegiatan yang luar biasa.
Ada inspirasi besar yang dapat diambil dari Alexander, bahwasannya seorang yang besar bukan hanya ditentukan dari kepandaiannya, akan tetapi juga dari sikap dan kesungguhannya melakukan sesuatu. Teringat akan suatu kalimat yang cukup menginspirasi, "Winner Never Quit, Quiter Never Win." ya... pemenang adalah orang yang tidak pernah berhenti untuk berusaha, akan tetapi dia tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti dan mengatur strategi baru untuk meraih apa yang diinginkan. Pemenang tidak berhenti walau dia kalah dalam suatu pertempuran, karena dia akan berusaha untuk memperbaiki kesalahannya.
Albert Einstein dianggap gagal dalam pelajaran matematika pada awal pendidikannya, akan tetapi beberapa tahun kemudian, dia menjadi penemu teori kuantum dan dasar-dasar pemikirannya terus digunakan hingga saat ini. Ada semangat yang muncul dari cerita tersebut, bahwa semangat dan ketekunan akan membuahkan hasil yang luar biasa dan tak akan pernah sia-sia.

Popular posts from this blog

Bagaimana Hukum Puasa Untuk Hajat Tertentu?

Puasa (ash-shaum) dalam Islam adalah suatu ibadah dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, bersetubuh dan hal-hal lain yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

BAGAIMANA HUKUM MANDI BESAR DENGAN AIR HANGAT?

Ada beberapa hal yang menyebabkan umat Islam diwajibkan mandi besar (biasa disebut mandi junub atau mandi jinaabat), yaitu: keluar mani, bertemunya (masuknya meski sedikit) kemaluan pria-wanita walau tidak keluar mani, tuntasnya darah dari haid atau nifas, masuk Islamnya orang non-muslim, dan matinya muslim-muslimah kecuali mati syahid. Hal ini didasarkan pada makna firman Allah SWT: ”...Dan apabila kalian junub, maka mandilah...” (al-Maa-idah 6), dan banyak hadis shahih, antara lain sabda Rasulullah SAW tentang orang Islam yang meninggal dunia: ”Mandikanlah ia dengan air dan bidara, serta kafanilah dengan dua helai kain” (HR al-Bukhariy dan Muslim dari Ibnu Abbas), juga sabda beliau berkaitan dengan non-muslim yang masuk Islam, yakni ketika Qais bin ’Ashim menyatakan masuk Islam, maka Rasulullah SAW menyuruhnya mandi dengan air dan bidara (HR Muslim, Abu Dawud, at-Turmudziy dan an-Nasaa-iy).

Hukum Badal dan Hadiah Pahala Umrah

Di antara persoalan yang sering muncul dalam perbincangan terkait dengan ibadah umrah adalah ”bolehkah seseorang mengumrahkan orang lain, atau melaksanakan ibadah umrah atas nama orang lain, yang kemudian lebih dikenal sebagai badal umrah”.