Skip to main content

Macam-macam bisnis online

Nah menyambung dari artikel saya yang lalu, di sini saya akan membahas tentang macam-macam bisnis online yang bisa menjadi acuan anda dalam menentukan karir anda di bisnis online selanjutnya, langsung saja ya...



1. Affiliate Marketing
Affiliate marketing atau biasa di sebut reseller adalah anda menjualkan produk orang di internet, dan anda akan mendapat komisi sesua kesepakatan jika anda bisa menjualkan produk orang tersebut.
Contoh: Ada teman anda memiliki produk digital seharga Rp. 100.000,- Jika anda menjualkan produknya, maka anda akan mendapatkan 50% dari penjualan tersebut.
Saran: Tempat untuk menjadi affiliate atau reseller produk online jvzoo.com, clickbank.com, amazon, untuk lokal ada ratakan.com, lazadda.com.


2. PPC (Pay Per Click)
PPC atau Pay Per Click adalah program yang kita akan di bayar jika ada orang yang mengklik iklan di blog atau di websites kita.
Contoh: Kita memasang iklan di websites kita, jika ada pengunjung yang datang dan mengklik iklan di websites kita, maka kita akan mendapat komisi, biasanya mulai dari $0,01 sampai $20 perklik.
Saran: Google adsense, AdBite, AdEngage, ADster, AdToll, BidVertiser, Etology, ExoClick, Kontera, Miva, Oxado, WidgetBucks.
Kalau lokal ada kliksaya, kumpulblogger, ppcindo, adspeedy, adsensecamp.

3. PTR (Paid to Review)
PTR atau Paid to Review adalah kita menulis artikel atau mereview dari advertiser atau pemasang iklan.
Contoh: Ada orang yang memasangkan iklan untuk anda beri review produknya, anda akan mendapat komisi atas review anda untuk setiap transaksi.
Saran: SponsoredReviews, smorty, buyblogreviews, linkworth, blogvertise, dll.
Di Indonesia juga PTR local seperti reviewmu.com dan AdReviewCamp.com

4. Jasa Layanan
Anda memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang, anda bisa menawarkan dan menjual keahlian anda.
Contoh: Anda pandai mendesain web, anda bisa menawarkan jasa desain web.
Saran: Untuk jasa desain professional bisa mengunjungi Abatara Creation.

5. Produk Creator (Membuat Produk)
Kalau anda memiliki kemampuan khusus dan kelebihan dalam suatu bidang, lebih baik anda membuat sendiri produk anda dengan menjual ide dan keahlian anda. Bisa dikemas dalam ebook, software, video dan lain-lain.
Contoh: Anda sangat mahir dalam membuat banner, dari pada anda menunggu orang meminta anda membuatkan banner untuknya, akan lebih memudahkan jika anda menjual template banner. Memang berat di awal karena anda harus membuat banyak, tetapi produk anda bisa anda jual beratus kali dan anda tinggal duduk santai.
Saran: Untuk meningkatkan penjualan anda bisa bekerjasama dengan orang yang mau menjadi affiliate.

6. Sistem keanggotaan Berbayar
Hampir sama dengan poin di atas, mebagikan keahlian anda tapi dengan keanggotaan yang berbayar.
Contoh: Anda memiliki keahlian dalam hal marketing, anda dapat menawarkan orang untuk belajar dari anda dengan mengikuti forum online yang anda sediakan, disana anda akan membagikan rahasia anda jika mereka mau membayar keanggotaan mereka.
Saran: Jika anda memulai bisnis ini, pastikan anda benar-benar menguasai keahlian anda untuk menjaga kepercayaan pelanggan anda.

7. Domain Parking (mengumpulkan domain)
Jika anda memiliki modal lebih, anda bisa membeli domain yang anda prediksi banyak peminat, suatu saat anda bisa menjual domain tersebut dengan harga yang lebih. Seperti berinvestasi tanah, tapi ini domain.
Contoh: Anda memprediksi domain jualbeli.com banyak dicari orang, belilah domain tersebut, dan tawarkan kepada orang yang ingin memakai domain tersebut.
Saran: Tempat Jual beli domain rumahweb.com, idwebhost.com, webmaster.com

8. Toko Online
Sepertihalnya toko ofline, toko online adalah tempat menjual barang dagangan anda, seperti pakaian, elektronik, kosmetik dan lain-lain. Anda dapat membuat katalog produk dan pajang di website atau fanspage.
Contoh: Anda adalah penjual pakaian, maka buatlah website tentang barang dagangan anda berikut review dan keterangan yang lengkap tentang produk yang anda jual di website tersebut.
Saran: Yang paling mudah membuka toko online adalah dengan facebook fanspage, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. kalau mau lihat toko online yang saya buat hanya bermodal facebook fanspage di sini.

9. Forex Online Trading
Anda pernah dengar dengan bursa saham, konsepnya mirip seperti itu, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang sangat banyak, tapi anda harus sangat berhati-hati jika belum berpengalaman.

Untuk sementara itu dulu beberapa macam bisnis online yang bisa menjadi pilihan anda. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan,dan masukkan email anda untuk mendapatkan update terbaru artikel dari saya.

Popular posts from this blog

Bagaimana Hukum Puasa Untuk Hajat Tertentu?

Puasa (ash-shaum) dalam Islam adalah suatu ibadah dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, bersetubuh dan hal-hal lain yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

BAGAIMANA HUKUM MANDI BESAR DENGAN AIR HANGAT?

Ada beberapa hal yang menyebabkan umat Islam diwajibkan mandi besar (biasa disebut mandi junub atau mandi jinaabat), yaitu: keluar mani, bertemunya (masuknya meski sedikit) kemaluan pria-wanita walau tidak keluar mani, tuntasnya darah dari haid atau nifas, masuk Islamnya orang non-muslim, dan matinya muslim-muslimah kecuali mati syahid. Hal ini didasarkan pada makna firman Allah SWT: ”...Dan apabila kalian junub, maka mandilah...” (al-Maa-idah 6), dan banyak hadis shahih, antara lain sabda Rasulullah SAW tentang orang Islam yang meninggal dunia: ”Mandikanlah ia dengan air dan bidara, serta kafanilah dengan dua helai kain” (HR al-Bukhariy dan Muslim dari Ibnu Abbas), juga sabda beliau berkaitan dengan non-muslim yang masuk Islam, yakni ketika Qais bin ’Ashim menyatakan masuk Islam, maka Rasulullah SAW menyuruhnya mandi dengan air dan bidara (HR Muslim, Abu Dawud, at-Turmudziy dan an-Nasaa-iy).

Hukum Badal dan Hadiah Pahala Umrah

Di antara persoalan yang sering muncul dalam perbincangan terkait dengan ibadah umrah adalah ”bolehkah seseorang mengumrahkan orang lain, atau melaksanakan ibadah umrah atas nama orang lain, yang kemudian lebih dikenal sebagai badal umrah”.