Skip to main content

Kala Growing Pains Mendera


Growing pains adalah rasa nyeri atau sakit pada tungkai kaki yang datang dan pergi tanpa penyebab yang jelas. Intensitas rasa sakitnya bisa berbeda-beda, namun pada umumnya rasa nyeri itu baru muncul pada sore hingga malam hari. Jika menyerang di malam hari, rasa sakit itu bahkan bisa sampai membangunkan anak dari tidurnya
Bagian tubuh yang terserang sakit pada saat growing pains muncul adalah di daerah otot kaki. Rasa sakit bisa muncul pada area pergelangan kaki, paha bagian depan, serta bagian belakang lutut. Meski demikian, growing pains paling sering dikeluhkan terjadi pada daerah betis. Bukan hanya pada sebelah kaki saja, rasa sakit bahkan bisa menyerang kedua belah kaki sekaligus.
Meski istilah growing pains belum terdengar akrab di telinga, namun gangguan ini sebenarnya sudah cukup sering terjadi, yaitu dialami oleh sekitar 25 – 40 persen anak-anak berusia antara 3 - 12 tahun. Hanya saja, keluhan rasa sakit yang diderita oleh anak yang terserang growing pains tidak selalu sama persis. Sama seperti intensitas rasa sakitnya yang bisa berbeda-beda—dari keluhan yang ringan hingga berat, durasi serangan rasa sakitnya juga bisa bervariasi, mulai dari hitungan menit hingga hitungan jam.
American Academy of Pediatrics menyatakan, rasa nyeri yang terjadi pada growing pains terletak pada otot, dan bukannya nyeri atau pun pembengkakan yang menyerang daerah persendian. Meski pun disebut sebagai growing pains atau nyeri pertumbuhan, tidak ada bukti pula yang menyatakan bahwa serangan nyeri ini disebabkan oleh pertumbuhan yang dialami anak. Tidak oleh pertumbuhan tulang mau pun pertumbuhan lainnya.

Penyebab growing pains
Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Pasalnya, sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan untuk menjelaskan etiologi dan patogenesis sindroma gangguan ini. Aktivitas fisik berlebihan di siang hari, seperti berlari, memanjat, melompat, serta olahraga yang sering kali diduga sebagai penyebab growing pains, juga belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.
Walau belum ada kesimpulan secara pasti mengenai apa yang memicu timbulnya rasa sakit, selama ini telah beredar sejumlah teori yang mencoba menjelaskan asal-usul terjadinya growing pains. Beberapa di antara teori tersebut menjelaskan bahwa growing pains terjadi akibat postur tubuh yang salah. Teori lain menyatakan kalau penyebabnya adalah gangguan aliran pembuluh darah, kelelahan, atau pun penyebab psikologis.
Sebuah penelitian yang menyatakan, terjadinya growing pains terkait dengan penurunan ambang nyeri pada diri anak. Apa artinya? Tingkat sensitivitas anak dalam menangkap rasa nyeri terbilang lebih tinggi dibandingkan anak-anak lain sebayanya. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan bahwa kondisi alergi sangat berperan dalam memicu terjadinya growing pains.(*)

Sumber: koranpendidikan.com [487]

Popular posts from this blog

Bagaimana Hukum Puasa Untuk Hajat Tertentu?

Puasa (ash-shaum) dalam Islam adalah suatu ibadah dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, bersetubuh dan hal-hal lain yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

BAGAIMANA HUKUM MANDI BESAR DENGAN AIR HANGAT?

Ada beberapa hal yang menyebabkan umat Islam diwajibkan mandi besar (biasa disebut mandi junub atau mandi jinaabat), yaitu: keluar mani, bertemunya (masuknya meski sedikit) kemaluan pria-wanita walau tidak keluar mani, tuntasnya darah dari haid atau nifas, masuk Islamnya orang non-muslim, dan matinya muslim-muslimah kecuali mati syahid. Hal ini didasarkan pada makna firman Allah SWT: ”...Dan apabila kalian junub, maka mandilah...” (al-Maa-idah 6), dan banyak hadis shahih, antara lain sabda Rasulullah SAW tentang orang Islam yang meninggal dunia: ”Mandikanlah ia dengan air dan bidara, serta kafanilah dengan dua helai kain” (HR al-Bukhariy dan Muslim dari Ibnu Abbas), juga sabda beliau berkaitan dengan non-muslim yang masuk Islam, yakni ketika Qais bin ’Ashim menyatakan masuk Islam, maka Rasulullah SAW menyuruhnya mandi dengan air dan bidara (HR Muslim, Abu Dawud, at-Turmudziy dan an-Nasaa-iy).

Hukum Badal dan Hadiah Pahala Umrah

Di antara persoalan yang sering muncul dalam perbincangan terkait dengan ibadah umrah adalah ”bolehkah seseorang mengumrahkan orang lain, atau melaksanakan ibadah umrah atas nama orang lain, yang kemudian lebih dikenal sebagai badal umrah”.